Panduan Ujian Tingkat Kompetensi (UTK) di Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013

Penyelenggaraan Ujian Tingkat Kompetensi di SD Kurikulum 2013 Salah satu kegiatan penilaian pada Kurikulum 2013 adalah Ujian Tingkat Kompetensi (UTK). UTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan Ujian Tingkat Kompetensi adalah sejumlah kompetensi dasar yang merepresentasikan kompetensi inti pada tingkat kompetensi tersebut. Sasaran UTK di sekolah dasar adalah tingkat 1 (akhir kelas II) dan tingkat 2 (akhir kelas IV).

Panduan Ujian Tingkat Kompetensi (UTK) di Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013

Pada saat ini di sekolah dasar berlaku 2 kurikulum, yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun 2006 dan kurikulum 2013 sekolah dasar. Pelaksanaan UTK diberlakukan untuk sekolah-sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013.  Hasil dari penyelenggaraan UTK diharapkan dapat digunakan untuk perbaikan proses dan hasil pembelajaran di sekolah (fungsi diagnosis), pemetaan mutu pembelajaran di sekolah, dan mengetahui capaian kompetensi.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Dasar dan Menengah menyusun Panduan Penyelenggaraan Ujian Tingkat Kompetensi di Sekolah Dasar. Panduan ini dapat digunakan sebagai acuan bagi penyelenggaraan UTK mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat satuan pendidikan. 

Selanjutnya untuk pemaparan secara terperinci dan tentang cara pelaksanaannya Panduan Ujian Tingkat Kompetensi (UTK) di Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013 bisa didownload dengan mengklik kata download di bawah ini.

Baca Juga : Kategori Honorer Yang Menjadi Target Pengangkatan PNS 2017


Download Teratas Minggu ini :


    0 Response to "Panduan Ujian Tingkat Kompetensi (UTK) di Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013"

    Post a Comment